Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus File Yang Terkunci Di Windows 10

Apakah Windows 10 tidak membiarkan Anda menghapus file? Itu mungkin karena file terkunci. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka dan menghapusnya.

Saat file dibuka oleh aplikasi atau proses lain, Windows 10 memasukkan file ke dalam keadaan terkunci, dan Anda tidak dapat menghapus, memodifikasi, atau memindahkannya ke lokasi lain. Biasanya, setelah file tersebut tidak lagi digunakan, aplikasi akan membukanya secara otomatis, tapi itu tidak selalu terjadi. Terkadang, file mungkin tidak berhasil dibuka, dan kalaupun Anda mencoba melakukan tindakan apa pun, Anda akan melihat peringatan bahwa operasi tidak dapat diselesaikan karena dibuka oleh program lain.

Cara Menghapus File Yang Terkunci Di Windows 10 - Jika Anda harus menghapus atau melakukan tindakan yang berbeda dengan file yang terkunci, paling tidak ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk membukanya, termasuk menggunakan alat Process Explorer Microsoft dan Safe Mode.

Cara Menghapus File Yang Terkunci Di Windows 10_

Dalam panduan Windows 10 ini, kami memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menyingkirkan file meskipun mereka dikunci oleh aplikasi atau proses.
  1. Cara membuka file menggunakan Process Explorer 
  2. Cara membuka file dengan Safe Mode

Cara membuka file menggunakan Process Explorer di Windows 10

Jika Anda perlu membuka kunci file yang saat ini digunakan oleh proses program atau sistem dan Anda tidak dapat merestart perangkat, Anda dapat menggunakan langkah-langkah ini:

1. Download Process Explorer dari situs web Microsoft ini

2. Ekstrak konten di dalam folder kompresi ProcessExplorer.zip. (Anda bisa merujuk ke petunjuk ini jika Anda memerlukan bantuan tambahan tentang cara melakukan tugas ini.)

3. Klik dua kali procexp.exe jika Anda menjalankan versi 32-bit Windows 10 atau procexp64.exe jika Anda menjalankan versi 64-bit10 untuk meluncurkan aplikasi.


4. Klik File, dan pilih opsi Show Details for All Processes.


5. Klik Find, dan pilih Find Handle atau pilihan DLL.


6. Ketik nama file yang terkunci di sana, dan klik tombol Find.


7. Pilih file dari hasil pencarian.

8. Di balik jendela pencarian, di "Process Explorer," klik kanan file yang terkunci, lalu pilih Close Handle untuk membukanya.


Penting: Jika file digunakan lebih dari satu proses, ulangi langkah-langkah untuk menutup semua pegangan.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda dapat melanjutkan dan menghapus atau memodifikasi file yang tidak terkunci dengan aman.

Cara membuka file dengan Safe Mode di Windows 10

Biasanya, ketika Anda menemukan file yang terkunci, Anda bisa me-restart perangkat Anda untuk membukanya. Namun, jika aplikasi memiliki layanan yang dimuat saat startup, mungkin akan tetap mengunci file segera setelah Anda masuk. Anda dapat menonaktifkan aplikasi dari pemuatan saat startup, atau Anda bisa boot ke Safe Mode untuk membuka dan menghapus file . Begini caranya:

1. Buka Setting 

Klik Update & Security

Klik Recovery.

4. Di bawah "Advanced Startup," klik tombol Restart now.


5. Klik pada Troubleshoot.


6. Klik pada pilihan Advanced.


7. Klik pada Startup Settings.


8. Klik tombol Restart.


9. Pada "Startup Settings", tekan F4 untuk mengaktifkan Safe Mode.


Saat berada dalam Safe Mode, gunakan File Explorer untuk mencari dan menghapus file yang sebelumnya terkunci, lalu cukup restart perangkat Anda seperti biasanya untuk keluar dari Safe Mode.


Kesimpulan

Itulah artikel Cara Menghapus File Yang Terkunci Di Windows 10. Meskipun ada sejumlah alat yang tersedia di internet yang dirancang khusus untuk menangani file yang terkunci, pada Windows 10 ada lebih dari satu cara untuk menghapus jenis file ini tanpa harus mendapatkan perangkat lunak dari sumber yang tidak diketahui.

Penting untuk dicatat bahwa membuka dan menghapus file di Windows 10 dapat menyebabkan masalah sistem dan program, tergantung pada jenis file yang ingin Anda buka. Jadi hati-hati dengan apa yang Anda hapus jika Anda tidak yakin akan konsekuensinya.