Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merubah Windows 10 32 bit Menjadi 64 bit Tanpa Instal Ulang

Cara Merubah Windows 10 32 bit Menjadi 64 bit Tanpa Instal Ulang - Jika PC Anda memiliki versi 32-bit Windows 10, maka Anda kehilangan beberapa keuntungan produktivitas. Gunakan panduan ini untuk beralih ke versi 64-bit.

Microsoft menawarkan Windows 10 sebagai upgrade gratis untuk komputer menjalankan salinan asli dari Windows 7 atau Windows 8.1. Juga, mirip dengan rilis sebelumnya, sistem operasi tersedia pada edisi yang berbeda dan dua versi: 32-bit dan 64-bit.

Sementara upgrade dari Windows 10 Home untuk Windows 10 Pro ini tidak gratis, apa yang banyak orang tidak terbiasa dengan adalah bahwa Microsoft tidak akan meminta lebih banyak uang untuk meng-upgrade dari 32-bit ke versi 64-bit.

Namun, jalur upgrade hanya memungkinkan bergerak dari versi kualifikasi untuk edisi setara pada arsitektur yang sama. batas ini berarti bahwa jika PC Anda menjalankan versi 32-bit Windows 8.1, setelah upgrade Anda akan terjebak dengan versi 32-bit Windows 10 - bahkan jika prosesor komputer Anda dapat menangani versi 64-bit. Satu-satunya solusi adalah untuk membuat instalasi bersih dari sistem operasi dan mengkonfigurasi ulang semua aplikasi dan pengaturan.

Pada Windows 10 panduan ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk memverifikasi apakah komputer Anda sebenarnya termasuk dukungan untuk versi 64-bit dan kami akan memandu Anda melalui proses upgrade ke Windows 10 (x64).

Pastikan Windows 10 64-bit kompatibel dengan PC Anda

Sebuah versi 64-bit Windows hanya dapat diinstal pada komputer dengan perangkat keras yang mampu. Dengan demikian, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk menentukan apakah komputer Anda memiliki prosesor 64-bit.

Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi ini dari aplikasi Pengaturan.
  1. Gunakan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Setelan.
  2. Klik System.
  3. Klik Tentang.
  4. Pada Jenis Sistem, Anda akan melihat dua potongan informasi: jika ia mengatakan sistem operasi 32-bit, prosesor berbasis x64, maka itu berarti bahwa PC Anda menjalankan versi 32-bit Windows 10 pada prosesor 64-bit. Jika mengatakan sistem operasi 32-bit, prosesor berbasis x86, maka komputer Anda tidak mendukung Windows 10 (64-bit).

Cara Merubah Windows 10 32 bit Menjadi 64 bit Tanpa Instal Ulang_

Atau, Anda dapat membuka Sistem Informasi untuk mengumpulkan informasi prosesor:
  1. Buka menu Start, melakukan pencarian untuk Sistem Informasi, dan tekan Enter.
  2. Di bawah Sistem Ringkasan, di sisi kanan, mencari Jenis Sistem. Jika Anda melihat PC berbasis x64, maka komputer Anda mampu menjalankan versi 64-bit Windows. Jika Anda melihat PC berbasis x86, maka Anda tidak dapat menginstal arsitektur lain dari sistem operasi.


Juga, meskipun kebanyakan PC saat ini akan menjalankan Windows 10, jika Anda memiliki komputer lama, Anda akan juga perlu memastikan prosesor termasuk fitur yang diperlukan. Menurut halaman dukungan Microsoft pada Windows 8.x dan kemudian, sistem operasi membutuhkan tiga karakteristik penting, termasuk Physical Address Extension (PAE), ada-eXecute (NX), dan Streaming SIMD Extensions 2 (SSE2). Selain itu, Windows 10 (64-bit) juga memerlukan CMPXCHG16B (CX16) fitur untuk hadir dalam prosesor.

Windows setup selalu memeriksa kompatibilitas hardware sebelum instalasi dimulai. Jika fitur ini tidak didukung oleh prosesor, Windows 10 tidak akan menginstal.

Jika Anda ingin memastikan bahwa komputer Anda termasuk dukungan untuk fitur ini, Anda dapat menggunakan alat baris perintah yang disebut Coreinfo dari Microsoft Windows Sysinternals.

1. Kunjungi Windows Sysinternals dan download Coreinfo.


2. Buka folder Anda download Coreinfo, klik kanan folder zip, dan pilih Extract semua.


3. Ketika folder Coreinfo terbuka, klik File, dan pilih Open command prompt.


4. Ketik perintah coreinfo dan tekan Enter.

5. Coreinfo sekarang akan daftar informasi prosesor dan pastikan PAE, NX, SSE2, dan CX16 yang hadir (Anda dapat menggunakan shortcut keyboard Ctrl + F untuk membuka perintah find). Jika empat fitur yang hadir, maka Anda dapat meng-upgrade ke Windows 10 (x64).


Pastikan Anda Memiliki driver versi 64-bit

Juga, Anda juga ingin memastikan bahwa komponen lain dalam sistem anda, seperti video dan kartu suara yang kompatibel 64-bit, driver versi 32-bit tidak akan bisa bekerja pada Windows 10 versi 64-bit.

Jika komputer Anda adalah hanya beberapa tahun, itu lebih dari mungkin bahwa ada driver 64-bit yang tersedia. Namun, komponen yang lebih tua bahkan mungkin tidak didukung lagi. Sebelum beralih dari 32 ke versi 64-bit Windows, memeriksa situs web produsen Anda untuk melihat apakah ada 64-bit driver yang tersedia.

Backup File pada PC Anda

Anda akan melakukan membuat perubahan yang signifikan di komputer Anda, karena itu adalah ide yang baik untuk membuat salinan lengkap dari sistem Anda sebelum upgrade.

Ingat bahwa Anda juga akan perlu untuk cadangan file pribadi Anda ke drive eksternal atau onedrive, karena mereka akan dihapus selama proses instalasi.

Membuat instalasi yang bersih dari Windows 10

Karena tidak ada jalur langsung dari 32-bit ke versi 64-bit Windows 10, satu-satunya solusi adalah untuk membuat instalasi bersih dari sistem operasi.

Tips: Sebelum membuat instalasi yang bersih, itu ide yang baik untuk memastikan salinan Windows 10 adalah diaktifkan dengan benar. Anda dapat melihat informasi ini di Settings> Update & keamanan> Aktivasi.

Membuat media instalasi Windows 10

1. Hubungkan USB drive dengan setidaknya 4GB ruang yang tersedia.

2. Kunjungi halaman download Windows 10 Microsoft.

3. Klik tombol Download tool Now dan menyimpan Media Creation Tool di PC Anda.


4. Klik dua kali file MediaCreationTool.exe.

5. Baca persyaratan lisensi dan klik Accept.

6. Pilih Buat instalasi media pilihan PC lain.

7. Klik Next.


8. Hapus centang pada Gunakan opsi yang direkomendasikan untuk opsi PC ini.

9. Pastikan untuk memilih bahasa, edisi, dan, yang lebih penting, arsitektur Anda, yang dalam hal ini adalah 64-bit (x64).

10. Klik Next.


11. Pilih opsi USB flash drive.

12. Klik Next.


13. Pilih drive removable dari daftar.

14. Klik Next.


15. Setelah media instalasi dibuat, menutup Media Creation Tool.

Menginstal versi 64-bit Windows 10

1. Restart PC Anda dengan media instalasi terhubung dan memulai instalasi Windows 10.

2. Pada Setup Windows, klik Next.

3. Klik Install sekarang.

4. Seperti sebelumnya Anda memiliki versi diaktifkan dari Windows 10, Anda dapat melewatkan pilihan jika Anda diminta untuk memasukkan kunci produk.

5. Menerima perjanjian lisensi dan klik Next.

6. Klik Custom: Instal Windows saja (advanced) pilihan.


7. Pilih dan menghapus partisi sistem - biasanya: Drive 0 Partition 1 dan Drive 0 Partition 2.


8. Klik Next dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan instalasi.

Setelah instalasi, pastikan untuk pergi ke Settings > Update & Security > Windows Update untuk men-download update terbaru dan driver. Jika beberapa driver tidak tersedia melalui Windows Update, pastikan untuk memeriksa website produsen komputer Anda men-download dan menginstal versi 64-bit dari driver yang diperlukan.

Sekarang, itu juga waktu untuk memasang aplikasi sebelumnya dan mengembalikan file pribadi Anda dari backup.

Manfaat Windows 10 64-bit

Antara 32-bit dan versi 64-bit Windows, tidak ada perbedaan dalam fitur. Namun, ada manfaat produktivitas. Misalnya, versi 64-bit alamat 3.5GB keterbatasan RAM yang ditemukan dalam versi 32-bit dari sistem operasi. Keuntungan ini berarti bahwa pada komputer dengan setidaknya 4GB RAM, Anda akan dapat menjalankan aplikasi lebih secara bersamaan. aplikasi lain seperti Google Chrome akan mampu menangani tab lebih terbuka, dan Anda akan dapat menjalankan aplikasi lebih banyak memori-intensif, seperti AutoCAD, Photoshop, dan program editing video.

Ini perlu menunjukkan bahwa sementara kita fokus pada Windows 10, Microsoft tidak mendukung jalur langsung antara arsitektur untuk versi sebelumnya dari sistem operasi baik.
Sekian artikel tentang Cara Merubah Windows 10 32 bit Menjadi 64 bit Tanpa Instal Ulang. Semoga bermanfaat.